Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modal Usaha Dekorasi Lamaran Untuk Pengusaha Pemula

 

Modal Usaha Dekorasi Lamaran Untuk Pengusaha Pemula-Lamaran merupakan salah satu proses penting menuju sebuah pernikahan. Bagi seluruh masyarakat sudah menjadi tradisi atau aturan di agamanya, sebelum menikah terlebih dahulu dilakukan agenda lamaran. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan atas pernikahan yang di langsungkan. 

Karena pentingnya kegiatan lamaran ini, maka calon pasangan menyiapan acara lamaran ini seistimewa mungkin. Banyak hal yang dipersiapakan dalam acara lamaran, salah satunya dekorasi lamaran, karena dekorasi akan menambah suasana lamaran semakin indah. 

Menyiapankan dekorasi untuk lamaran terlihat mudah, tapi untuk yang tidak berpengalaman akan menjadi persoalan tersendiri. Kebanyakan pasangan yang akan melakukan acara lebih memilih jasa dekorasi lamaran untuk membantu dekorasi lamaran. 

Maraknya jasa dekorasi lamaran telah melahirkan peluang usaha menarik. Tulisan ini akan membahas mengenai Modal Usaha Dekorasi Lamaran Untuk Pengusaha Pemula.

Pengertian, Tujuan dan syarat Lamaran Pernikahan 

Semua pasangan sudah pasti mengingikan hubungannya berlanjut ke jenjang pelaminan. Salah satu langkah untuk menuju kesana dengan melakukan prosesi lamaran. Berikut ini Pengertian Tujuan dan syarat Lamaran Pernikahan :

Pengertian Lamaran Pernikahan 

Mengutip dari berbagai sumber, dapat simpulkan bahwa Lamarann pernikahan yaitu  acara sakral untuk meminang oleh seorang laki-laki kepada seorang perempuan yang akan menjadi istrinya. Jika diterima oleh pihak perempuan, akan berlanjut ke acara pernikahan, yang biasanya akan dibahas juga pada saat acara lamaran. 

Pada acara lamaran juga menjadi sarana untuk memperkenal keluarga kedua calon pasangan. Tempat lamaran bisa dilaksanakan di rumah pihak perempuan, atau menggunakan tempat lainnya seperti restoran atau rumah makan.

Tujuan Lamaran Pernikahan 

Beberapa tujuan dari proses lamaran pernikahan yaitu :

  1. Sebagai tanda peresmian dari pihak laki-laki melamar atau meminang pihak perempuan.  Jika diterima oleh pihak perempan akan berlanjut ke pelaminan dan membangun rumah tangga Bersama.
  2. Prosesi lamaran juga ajang untuk  mempertemukan kedua keluarga baik dari pihak laki-laki dan perempuan dan ajang silaturahmi.
  3. Membahas  dan Menentukan berkaitan dengan tanggal pelaksanaan dan hal-hal yang berkiatan dengan pelaksanaan pernikahan. 

Lamaran Pernikahan 

berikut ada beberapa syarat yang wajib diketahui dalam melaksanakan profesi lamaran mengutip dari https://hot.liputan6.com/ : 

Punya Pasangan

Syarat lamaran yang  pertama yaitu memiliki pasangan. Bagi baik itu yang laki-laki maupun yang perempuan harus ada pasangannya. Hal yang terpenting yaitu sama-sama saling mencintai dan memiliki tujuan serius. 

Status Sama-Sama Lajang

Ini menjadi syarat mutlak bagi pihak laki-laki maupun perempuan. Jangan sampai berkomitmen melamar dengan orang yang telah atau masih berkeluarga. Pastikan status yang akan dilamar dalam status single, meskipun pasangannya dulu sudah pernah menikah. 

Disaksikan Keluarga Inti

Proses lamaran dilaksanakan dengan dihadiri oleh keluarga dari kedua belah pihak. Biasaya keluarga inti yang disertakan untuk dating, seperti orang tua, saudara kandung, kakek dan nenek, paman, bibi, serta saudara dekat lain. Keluarga inti ini kedepannya akan menjadi saksi atas keseriusan anda dan pasangan untuk menuju ke tahap pernikahan.

Membawa Seserahan

Diperbolehkan juga membawa seserahan untuk diberikan kepada pasangan, sehingga pihak laki-laki tidak perlu membawa lagi seserahan saat pernikahan. 

Cincin Tunangan

Biasanya juga membawa membawa cincin, sebagai bentuk ikatan atau komitmen antara kedua pasangan ke pernikahan.

Dekorasi lamaran Pernikahan

Saat ini acara lamaran tidak lengkap bila tidak memakai dekorasi. Umumnya yang akan melakukan acara lamaran pernikan menyerahkan urusan dekorasi dengan tim khusus dari vendor. Umumnya dekorasi acara lamaran bukanlah seheboh dekorasi perkawinan, alias lebih simpel tetapi tetap nampak indah. Dekorasi ini meliputi backdrop, meja, kursi buat keluarga serta tamu, hiasan bunga, sampai karpet.

Biaya dekorasi berbeda- beda bergantung dari tipe riasan yang dipilih, biaya dekorasi berkisar 1 juta hingga 1, 5 juta rupiah. Sebenarnya akan lebih murah bila mendekorasinya sendir bersama keluarga ataupun sahabat dekat Kamu. Tapi karena keterbatasan ketrampilan buat mendekor serta waktu membuat dekorasi, jadi kebanyakan orang jasa vendor.

Tips memulai usaha dekorasi lamaran 

Dekorasi bukanlah suatu yang biasa, karena dekorasi adalah sebuah seni menghias yang berasal dari kreativitas. seni ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Mengutip dari https://www.fimela.com/ Berikut ini tips memulai bisnis dekorasi lamaran, yaitu  

1. Passion 

Passion merupakan hal utama dalam bidang dekorasi, karena dengan passion dapat merancang dengankecermatan melihat pasar yang ada. Passion akan membuat pekerjaan mendekor dapat dikerjakan dengan sepenuh hati, dan hasilnya akan lebih maksimal.

2. Kreatif

Mengali sedalam-dalam potensi diri dalam hal kreativitas.

2. Riset untuk inspirasi

Rajin melihat-melihat banyak hal dalam berbagai wujud, untuk meningkatkan inspirasi diri yang dapat dituangkan dalam dekorasi yang kreatif. 

3. Ide yang beda

Tawarkan ide dekorasi yang unik dan beda dari yang lain, karena sedikit lebih berbeda itu akan membuat lebih baik.

4. Mulai dari skala kecil

mulailah sedikit demi sedikit, tanpa harus malu. Semua hal dimulai dari nol, dan jalani prosesnya untuk tumbuh menjadi besar.

5. Manfaatkan jaringan keluarga

Untuk bisa mencari tahu mana saja peluang usaha yang banyak dibutuhkan orang saat ini, manfaatkan jaringan keluarga dan pertemanan kalian . Kemudian cocokanlah dengan minat dan bakat anda.

Modal Usaha Dekorasi Lamaran

Modal usaha untuk menjalankan usaha dekorasi lamaran tentu akan berbeda-beda tiap orang yang akan menjalankan. Akan lebih baik memulai dengan modal yang dimiliki dulu, memulai kecil kecilan sebelum mengambil peluang yang besar.

Semua biaya yang harus dikeluarkan atau disiapakan disesuaikan dengan kebutuhan usaha dan kreatifitas. Jadi memang tidak bisa ditetapkan secara pas, tetapi secara umum biaya untuk memulai usaha ini relative sangat minimal. Karena ada pelaku usaha dekorasi lamaran yang dimulai dari 1 juta saja.

Berikut ini contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) usaha Dekorasi Lamaran. Dan ini hanya untuk contoh bukan untuk digunakan sama seperti table di bawah ini .

NO

Uraian

Jumlah

1

Investasi Awal

 

1.1

Membeli peralatan (gunting, tanaman, kain, lem, kertas, dll)

Rp 5.000.000,-

 

 

 

2

Biaya Operasional

 

2.1

Bayar 2 karyawan ( per acara @Rp 100.000,-*)

Rp  1.000.000,-

2.2

Alat dan bahan

Rp     500.000,-

2.3

Telepon

Rp     200.000,-

2.4

Transportasi

Rp     300.000,-

 

TOTAL

Rp  2.000.000,-

 

 

 

 

Omzet* perbulan

Rp 5.000.000,-

 

Laba perbulan

Rp 3.000.000,-

 

Analisis BEP

+ 3 bulan

sumber : https://kampungwirausaha.com/

Penutup

Demikian tulisan mengenai Modal Usaha Dekorasi Lamaran Untuk Pengusaha Pemula, semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang sekarang sengan mencari ide usaha.

Posting Komentar untuk "Modal Usaha Dekorasi Lamaran Untuk Pengusaha Pemula"