Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksara Jawa, Huruf Bahasa Daerah yang Melegenda

 Nih, gue bakal kasih tau tentang Aksara Jawa yang keren abis! Jadi, Aksara Jawa tuh sistem tulisan jadul dari Indo, yang udah ada dari jaman nenek moyang kita. Aksara ini gak cuma unik, tapi juga eksotis banget, deh!

Awalnya, katanya Aksara Jawa berakar dari sistem penulisan Brahmi gitu, lho. Udah berdiri kok sejak abad 4 Masehi. Puncak kejayaannya tuh pas zaman Kerajaan Medang, Mataram Kuno, dan Majapahit, yaitu sekitar abad 8 sampe 16 Masehi.

Aksara Jawa punya bentuk huruf yang beda dari aksara lainnya. Ada 20 huruf konsonan dan 14 huruf vokal, plus beberapa tanda baca. Lucunya, tulisannya itu dari kiri ke kanan, mirip bahasa kita sekarang.

Seru banget, ya, cara Aksara Jawa dipake dalam berbagai seni dan budaya. Misalnya, ada seni kaligrafi Jawa yang keren abis, gabungin huruf-huruf Aksara Jawa sama hiasan artistik. Jadinya, karya seni yang bikin ngena dan eye-catching, deh! Selain itu, di seni tari dan wayang kulit juga sering pake teks Aksara Jawa sebagai panduan pentas. Jadi, tradisi lisan dari dulu tetep bisa hidup terus, gitu.

Meski Aksara Jawa udah lumayan berkurang penggunaannya, tapi beruntungnya, ada upaya pelestarian budaya. Pada 1926, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nyatain Aksara Jawa sebagai simbol kebanggaan Indonesia. Dan, di beberapa daerah, Aksara Jawa juga diajarkan di sekolah buat ngejaga pengetahuan tentang aksara keren ini.

Sekarang, Aksara Jawa gak mau ketinggalan di era digital, nih! Udah bisa dipake di media sosial, situs web, sampe aplikasi di ponsel pintar. Gak bisa dipungkiri, Aksara Jawa emang tetep ngehits dan up-to-date!

Jadi, sebenernya, kita semua harus bangga banget sama warisan budaya kita, termasuk Aksara Jawa yang keren ini. Bukan cuma bentuknya aja yang bikin terpesona, tapi juga nilai-nilai budaya yang diusungnya. Jadi, mari lestarikan Aksara Jawa dan jaga keberagaman budaya Indonesia biar tetep berkibar terang benderang buat generasi kita yang bakal datang!

Ada juga aplikasi scan bahasa jawa yang di rekomendasikan oleh Helowi bernama Bagaskara yang tersedia di playstore. Tinggal scan muncul auto teks terjemahannya. Keren deh!

Posting Komentar untuk "Aksara Jawa, Huruf Bahasa Daerah yang Melegenda"