Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Dan Kekurangan Xpander Terbaru Beserta Spesifikasi Lengkap

     Sejak kemunculannya pada 2017 silam, Xpander memang menjadi salah satu mobil Mitsubishi yang paling menarik minat konsumen Indonesia. Pasalnya Mitsubishi Xpander hadir sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan 7 penumpang yang punya tampilan agresif serta terkesan futuristik dan atraktif.

Untuk bodinya, Mitsubishi Xpander punya dimensi panjang 4.475mm, lebar 1.750mm, dan tinggi yang juga sama yaitu 1.750mm, membuat mobil keluarga tersebut memiliki kabin yang lapang, dan mampu menampung sebanyak tujuh orang di dalamnya.

Ground clearance mobil Mitsubishi Xpander ini juga termasuk yang paling tinggi di kelasnya, yaitu 220mm -225mm. Desain ini memungkinkan untuk mampu melewati berbagai kontur jalan di Indonesia


Dibagian mesin, Mitsubishi Xpander mengadopsi mesin MIVEC DOHC 1.5 liter empat silinder segaris 16 Valve DOHC yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 107 daya kuda pada putran mesin 6000rpm, dengan torsi 141Nm di 4000rpm. Tenaga yang keluar dari mesin tersebut, disalurkan kepada penggerak roda depan (FWD) yang terkenal lebih efisien dalam penyaluran tenaga.

Berdasarkan pantauan dari beberapa media, mobil ini Xpander mampu berjalan sejauh 13 kilometer dengan satu liter bahan bakar, bahkan bisa menembus lebih dari 18 km/Liter pada kondisi jalan tertentu.

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Xpander ini? Nah diartikel kali ini ombro akan berbagi informasi seputar kelebihan dan kekurangan Xpander dari Mitsubishi. Simak ulasannya dibawah berikut ini.

I. KELEBIHAN XPANDER

Sebagai pesaing mobil sejuta umat avanza xenia, Mitsubishi dibekali dengan beragam kelebihan yang nyatanya sanggup memikat para pecinta mobil MPV di tanah air Indonesia. Berikut beberapa kelebihan Xpander yang sudah ombro rangkum.

1. Desain futuristik dan atraktif

Kelebihan Xpander yang pertama kali akan terlihat adalah desainnya yang futuristik dan atraktif, terutama pada bagian depan yang desainnya disebut sebagai Dynamic Shield oleh Mitsubishi. Desain futuristk dan atraktif dibagian depan Mitsubishi Xpander ini memang tidak biasa sehingga cukup menarik minat masyarakat untuk memilikinya.

Sepintas, desain bagian depan Mitsubishi Xpander ini seperti tampang-tampang robot yang ada pada film-film Transformer, futuristik, keren dan gagah. Tidak dipungkiri memang desain inilah yang kemudian membawa Xpander sebagai rival yang cukup berat bagi avanza xenia sehingga memaksa avanza xenia untuk ikut berubah di tahun 2021.

2. Handling mantap dan suspensi nyaman

Kelebihan Xpander yang kedua adalah handling yang mantap dan suspensinya yang nyaman. Banyak pengguna yang mengatakan bahwa salah satu kelebihan dari Mitsubishi Xpander ini adalah suspensinya yang nyaman dan tidak limbung.

Terlebih lagi ada beberapa fitur keselamatan yang sistemnya elektronik yang turut membantu kinerja suspensi semakin nyaman dan membuat mobil lebih mudah dikendalikan seperti misalnya fitur Active Stabiity Control (ASC), Electronic Brake Distribustion (EBD), Anti Lock Brake System (ABS), dan lain-lain.

3. Fitur kenyamanan dan keamanan berkendara cukup komplit

Kelebihan Xpander yang ketiga adalah fitur kenyamanan dan keamanan berkendara yang cukup komplit seperti misalnyanya untuk bodi sudah diperkuat dengan sistem RISE body, rem sudah menggunakan ABS, EBD, dan brake assist.

Untuk kestabilan berkendara di sematkan fitur ASC, Cruise control, sampai fitur HSA yang akan mencegah mobil bergerak turun sendiri saat posisi jalan menanjak. Saat parkir, mobl ini dibekali rear view camera yang akan membantu memantau kondisi di belakang kendaraan saat akan parkir mundur.

Belum lagi untuk keamanan standar yang umum dipasang di kendaraan seperti dual SRS airbag, Safety belt yang dipasang hingga kursi baris ketiga, serta pedestrian protection. Bisa dibilang sebagai mobil keluarga, mobil Mitsubishi Xpander ini memiliki fitur cukup lengkap.

4. Banyak Ruang Kompartemennya

Kelebihan Xpander yang ke empat adalah mobil ini banyak ruang kompartemen (penyimpanannya). Mulai dari tempat duduk pengemudi hingga penumpang belakang dibaris ke tiga, termasuk ketersediaan power outlet yang juga bisa digunakan sebagai tempat chager hape.

Ruang kompartemen ini tersebar di seluruh bagian kabin Mitsubishi New Xpander. Kompartemen-kompartemen ini akan berguna untuk menyimpan barang-barang yang lebih kecil sehingga mudah untuk disimpan dan diambil kembali oleh para penumpang selama perjalanan.

5. Ground clearence tertinggi di kelasnya

Kelebihan Xpander yang ke lima adalah mobil ini punya ground clearence tertinggi dibanding rival sekelasnya. Sebagai gambaran, ground clearence maksimal dari beragam tipe Mitsubishi Xpander ini bisa mencapai 225mm.

Sedangkan untuk rivalnya, ground clearencenya sedikit lebih rendah diawah Mitsubishi Xpander seperti misalnya Avanza Xenia yang tercatat sekitar 205mm, Suzuki Ertiga yang hanya 180mm, dan Wuling Confero yang tercatat sekitar 205mm.

Ground clearence tinggi sangat membantu dan memudahkan selama perjalanan ketika kita melewati jalan-jalan bergelombang, berlubang, atau kontur jalan yang memang tidak rata, sehingga dapat menambah kepercayaan untuk melaju dengan rasa aman.

6. Punya paket Service Gratis hingga 50.000Km yang bisa diperpanjang

Kelebihan Xpander yang ke enam adalah mobil ini dilengkapi layanan paket service gratis hingga 50.000km yang bisa diperpanjang jangka waktunya. Paket service ini dikenal dengan SMART GOLD yang akan membebaskan biaya penggantian spare part tertentu beserta jasanya sehingga dalam kurun waktu 3 tahun kedepan, anda tidak perlu dipusingkan dengan biaya perawatan kendaraan.

Biaya perawatan ini berisi penggantian oli standar di setiap kelipatan 10.000km termasuk filter oli, filter udara, filter AC, Engine oil treatment dan lain-lain yang sifat sparepartnya adalah perawatan berkala (bukan perbaikan).

II. KEKURANGAN XPANDER

Meskipun sepintas Mitsubishi Xpander ini memiliki beragam kelebihan yang membuatnya cukup banyak diminati masyarakat, namun mobil ini juga masih menyisakan banyak kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan xpander

1. Head Rest tengah bangku ke dua tidak ada

Kekurangan Xpander yang pertama adalah head rest tengah bangku ke dua tidak ada. Hal ini sepintas memang tidak terlalu berpengaruh jika jumlah penumpangnya sedikit, namun akan sangat terasa jika mobil digunakan untuk mengangkut full 7 orang (misalnya saat mudik lebaran, atau acara besar keluarga).

Bagian tengah yang tidak mendapatkan head rest akan sedikit tidak nyaman karena tidak ada sandaran kepala yang bisa digunakan untuk mengistirahakan leher agar tidak kaku dan tegang selama perjalanan. Terlebih jika jarak tempuh yang jauh dan memakan waktu lama.

2. Suspensinya kurang kokoh

Kekurangan Xpander yang kedua adalah suspensinya kurang kokoh. Ya, suspensi Xpander memang terkenal nyaman dan stabil, namun memiliki kelemahan ringkih dan cepat noise. Masalah ini memang sudah muncul di mobil Xpander sebelum Facelift ditahun 2021.

Diketahui ada beberapa keluhan yang muncul dari area suspensi, baik suspensi depan dan belakang seperti misalnya shock absorber belakang yang cepat rembes atau karet karet bushing depan yang cepat kalah sehingga menimbulkan bunyi gluduk-gluduk terutama saat jalan bergelombang atau jalan jelek.

3. Varian tertinggi hanya tersedia dengan transimisi otomatis CVT

Kekurangan Xpander yang ketiga adalah Varian tertingginya hanya menyediakan satu pilihan transmisi otomatis jenis CVT. Perlu diketahui, varian Mitsubishi Xpander ini sangat banyak mulai dari versi standar yang ada di line up, versi black dengan audio rockford fosgate, hingga versi Limited Edition yang pernah dikeluarkan cuma 1000 unit saja.

Khusus Xpander terbaru saat artikel ini ditulis, terdapat setidaknya ada 4 varian mobil yaitu GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate. Varian tertinggi Xpander ada di varian Ultimate yang memiliki fitur-fitur berkendara paling lengkap dibanding dengan varian yang lainnya. Masing masing varian (kecuali ultimate) memiliki variasi transmisi manual dan otomatis CVT

Jika Anda menginginkan mobil bertransmisi manual dengan fitur paling lengkap seperti fitur-fitur yang ada pada Xpander Ultimate, sepertinya Anda harus kecewa. Pasalnya varian Ultimate hanya tersedia dengan transmisi otomatis CVT.

4. Rem belakang masih mengandalkan tipe drum brake

Kekurangan Xpander yang kempat adalah rem belakang yang masih menggunakan tipe drum brake. Ya, untuk rem belakang Xpander masih menggunakan tipe drum brake. Hal ini jauh berbeda dengan rivalnya Toyota Veloz yang seluruh variannya sudah mengunakan rem cakram di depan dan dibagian belakang.

Meskipun secara fungsi untuk rem mobil yang dipasang dibagian roda belakang, rem tromol memang tidak terlalu jauh berbeda dengan rem cakram. Namun secara visual dan tampilan menjadi sedikit mengurangi keren karena desain mobil Xpander ini sudah sangat sporty dan futuristik.

III. SPESIFIKASI XPANDER


Untuk melengkapi artikel tentang kelebihan dan kekurangan Xpander, dibawah berikut ini ombro lampirkan spesifikasi singkat Mitsubishi Xpander yang sudah ombro rangkum dari beberapa sumber.

DIMENSI
Panjang4595mm
Lebar1750mm
Tinggi1750mm
Ground Clearence220mm - 225mm
CHASSIS
Sistem Rem DepanDisc
Sistem Rem BelakangDrum
Suspensi DepanMcPherson strut independen
Suspensi BelakangTorsion Beam
Ukuran Ban195/65 R16, 205/55 R17 (ultimate)
MESIN
Jenis Mesin1,5L MIVEC DOHC 16 Valve
Isi Silinder1500 cc
Bahan BakarBensin
Konsumsi bahan bakar13-15 km/L
TransmisiManual 5 percepatan, Otomatis CVT
Tenaga Maksimum105 PS @6000 RPM
Torsi Maksimum141 Nm @4000 RPM

Demikianlah artikel tentang kelebihan dan kekurangan Xpander yang bisa ombro sampaikan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda sekalian. Dealer resmi dan terpercaya di Bandung https://www.mitsubishi-bandung.com.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Xpander Terbaru Beserta Spesifikasi Lengkap"