Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Keuangan di Tanggal Tua / Akhir Bulan

  Artikel kali ini penulis akan memberikan sebuah tips berkaitan dengan finance atau keuangan. Istilah tanggal tua sudah tidak asing bagi kita. Tanggal tua seringkali menjadi momok bagi kebanyakan orang karena tanggal tua identik dengan 'dompet tipis', sehingga di tanggal tua banyak orang yang harus memutar otak agar bisa tetap bertahan. 

Jadi di tanggal tua sekalipun, anda harus mengatur keuangan anda dengan baik supaya tanggal tua anda tetap bisa menabung dan investasi. Berikut adalah tips-tips cara mengatur keuangan di tanggal tua atau mengatur keuangan di akhir bulan

1. Atur keuangan sejak tanggal muda

Management Finance itu sangat penting! Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika mendapatkan gaji di akhir atau awal bulan, seseorang cenderung mulai bersifat konsumtif, karena masih banyak duit dari gajian. Tetapi setelah memasuki akhir bulan sebelum gajian lagi, banyak orang yang dompetnya mulai tipis karena uangnya sudah banyak dihabiskan di awal bulan.

Nah, pola pikir ini harus mulai coba anda ubah. Kalau anda ingin keuangan anda tetap sehat di akhir bulan (dompet anda tidak semakin tipis di akhir bulan), maka anda harus mulai mengatur dan mengelola keuangan anda sejak tanggal muda, yaitu sejak anda menerima gaji. 

Jangan pernah menghamburkan uang saat tanggal muda. Meskipun anda barusan mendapatkan gaji bulanan, anda harus tetap mengatur keuangan anda, supaya di tanggal tua anda masih memiliki pegangan yang cukup.

Dalam arti, di tanggal tua anda nggak perlu sampai terlalu berhemat, cuma makan mi instan atau bahkan sampai nggak makan. Sedangkan di awal bulan anda bisa makan enak-enak. 

Cobalah untuk mengatur keuangan sejak tanggal muda, agar keuangan anda tetap stabil. Salah satunya yaitu memangkas pengeluaran2 yang kurang diperlukan di dalam belanja harian dan bulanan anda. 

Dengan mengatur keuangan sejak tanggal muda, tidak akan ada lagi istilah bokek dan dompet tipis di tanggal tua. Bahkan dengan mengatur keuangan, mungkin anda tidak akan mengenal lagi istilah tanggal tua. 

2. Prioritaskan kebutuhan utama di tanggal tua 

Bagi sebagian orang, mungkin anda memiliki lebih banyak kebutuhan di tanggal muda. Nah, kalau anda memiliki banyak pengeluaran di tanggal muda, maka di tanggal tua anda harus memprioritaskan kebutuhan anda di tanggal tua. 

Sebagai contoh, kalau anda sudah menyadari dompet anda mulai tipis di tanggal tua, kurangilah kegiatan2 seperti hang out, atau membeli barang2 yang kurang diperlukan / dapat ditunda. Prioritaskan kebutuhan utama. 

Tetapi yang terpenting, seperti yang saya tuliskan di poin pertama, sejak anda menerima gaji, anda harus sudah memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan anda, dan kurangi pengeluaran2 yang bisa anda tunda. 

3. Prinsip menabung dan investasi 

Dalam mengatur keuangan, anda harus selalu mengutamakan prinsip investasi dan menabung. Dalam sebulan, anda harus bisa memiliki tabungan, dan tabungan anda bisa anda investasikan kembali entah di emas, reksadana atau deposito.

Dengan menabung dan investasi, maka anda akan memiliki lebih banyak uang yang bisa anda gunakan meskipun anda sudah memasuki tanggal tua. Tapi kalau anda tidak punya prinsip menabung. Anda tidak melakukan investasi, maka tanggal tua tetap akan menjadi tanggal-tanggal yang membuat dompet anda kritis. 

Jangan sampai istilah tanggal tua menjadi istilah yang mengerikan bagi anda karena stigma2: Tanggal tua dompet tipis. Dengan mengatur keuangan sejak awal, harusnya anda tidak ada masalah dengan 'tanggal tua'. Bahkan, di tanggal tua pun anda seharusnya tidak perlu sampai terlalu berhemat. 

Terapkan tiga cara mengatur keuangan di tanggal tua atau akhir bulan ini, agar anda bisa memiliki keuangan yang sehat, dan tabungan anda bisa terus berkembang dalam jangka panjang. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan di Tanggal Tua / Akhir Bulan"