Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Game PC Ringan Populer untuk Spek Kentang

 Seiring berkembangnya teknologi, game PC saat ini semakin banyak dirilis untuk kelas PC bertenaga gahar dengan grafis yang memukau. Tapi, bagaimana dengan perangkat berspek lebih rendah atau pas-pasan?


Tenang saja, masih ada kok game PC ringan yang masih layak kamu mainkan kalau memiliki PC maupun laptop yang pas-pasan. Penasaran ada game apa saja yang masih bisa dimainkan di spesifikasi kelas kentang? Berikut deretan game-nya.

Minecraft, game PC ringan yang sangat populer

Minecraft, Game PC Ringan Bervisual Kotak-kotak

Game PC pertama yang ringan untuk dimainkan adalah Minecraft. Game satu ini pastinya sudah tidak asing lagi, kan? Sebagian dari kamu tentu sudah pernah mendengarnya atau bahkan memainkannya. Yup, Minecraft termasuk game populer, apalagi di Youtube kamu akan menemukan ada banyak video tutorial atau gameplay-nya dengan jumlah views yang besar.

Game buatan Mojang Studios ini menawarkan konsep yang tidak biasa di game mana pun, yaitu menggunakan tampilan visual kotak-kotak. Pemain diajak berkreasi membangun sesuatu dan mengumpulkan item untuk dikoleksi maupun sebagai bahan upgrade alat.

Untuk spesifikasi PC-nya? Tidak perlu khawatir, cukup dengan Intel Core i3, grafis Intel HD 4000 serta kapasitas RAM hanya 8 GB saja kamu sudah bisa memainkannya. Kalau kamu memakai spek yang lebih tinggi lagi, pastinya visualnya akan terlihat lebih bagus.

Stardew Valley, game PC ringan bertema berkebun

Stardew Valley, Game PC Berkebun yang Unik

Kamu pasti tahu Harvest Moon, kan? Ternyata ada lagi nih game bertema berkebun yang mirip dengan HM, yaitu Stardew Valley. Dengan tampilannya yang retro, tidak heran kalau Stardew Valley termasuk game PC ringan  yang layak kamu coba di spek pas-pasan. Bahkan di prosesor minum pun kamu sudah lancar jaya memainkannya.

Game besutan Concerned Ape ini memang populer di kalangan gamers PC. Pemain bisa bercocok tanam, mendekati warga desa, mencari kandidat istri, menikah, dan memiliki anak. Selain itu, ada fitur lainnya yang tidak ada di HM yang membuatnya menjadi lebih unik, seperti melawan monster, menyelesaikan misi dari warga, dan sebagainya.

Selama PC yang kamu pakai menggunakan Windows Vista, VGA 256 MB, dengan RAM 2 GB dan kecepatan CPU minimal 2 GHz, kamu akan menikmati gameplay Stardew Valley yang menyenangkan.

Among Us, game PC ringan untuk temukan impostor

Among Us, Game PC Ringan Mencari Pelaku Sesungguhnya

Pertengahan 2018 dihebohkan dengan rilisnya game Among Us. Game yang diadaptasi dari permainan Werewolf ini termasuk berspek ringan yang bertemakan luar angkasa. Kamu bisa bermain dengan teman-temanmu secara online, apalagi kamu bisa mengajak pemain lain dari luar negeri untuk ikut bergabung dalam permainanmu.

Gameplay-nya sendiri sebenarnya sangat simple, tapi bisa membuat pemain ketagihan. Kamu dan kru akan diberi tugas dan harus diselesaikan bersama-sama. Mulai dari menghancurkan asteroid, memperbaiki kabel, dan masih banyak lagi.

Meski terdengar gampang, pemain harus berhati-hati karena ada impostor yang misinya membunuh para kru. Pemain harus menemukan pelakunya sebelum semua kru dihabiskan impostor. Permainan seru ini tidak membutuhkan spesifikasi tinggi.

Cukup Windows 7, RAM 1 GB, dan memori internal hanya 250 MB, kamu bisa merasakan keseruan mencari pelaku sebenarnya di antara semua kru.

Age of Empire III menjadi salah satu game PC ringan

Age of Empires III, Game RTS yang Mengesankan

Game PC ringan lainnya yang populer yaitu Age of Empires III. Game dari Microsoft dan Ensemble Studio ini dirilis pertama kali tahun 2005. Sebagai penerus kesuksesan Age of Empires II, game satu ini menggunakan fitur yang lebih baik dari sebelumnya dengan memakai konsep Real Time Strategy.

Pemain bisa memilih bangsa yang pernah menjelajah dunia baru, seperti Jerman, Ottoman (Turki), Perancis, dan sebagianya. Menariknya, pemain juga bisa memilih suku Indian dengan perkembangan zamannya yang menarik diikuti.

Dibutuhkan spesifikasi PC minimal Intel Pentium 2 GHz atau AMD Athlon Xp 2000+. Sedangkan VGA yang dipakai AMD Radeon X300 atau sekelas NVidia GeForce FX 5500. Kalau kamu ingin mendapatkan visual yang lebih baik lagi dengan fitur yang lebih menarik, kamu bisa menunggu rilisan Age of Empire IV 28 Oktober 2021 nanti.

Berburu zombie di Left 4 Dead 2

Berburu Zombie di Game PC Ringan Left 4 Dead 2 

Kalau kamu suka game-game yang bertemakan zombie, kamu bisa bermain Left 4 Dead 2. Game dari Valve Corporation ini termasuk berspek ringan dengan menawarkan mode multiplayer online. Kamu bisa bermain dengan teman-temanmu secara online untuk melawan zombie-zombie agar bisa bertahan hidup.

Untuk memainkannya, spesifikasi PC tidaklah harus berat, hanya dengan Intel Pentium 4 berkecepatan 3 GHz ditambah NVidia GeForce 6600 atau sekelas ATI Radeon X800. RAM yang digunakan juga tergolong kecil hanya 2 GB saja. Tapi, kamu harus membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, karena diperlukan 13 GB.

Masih banyak lagi sebenarnya game PC ringan yang bisa kamu mainkan dengan spesifikasi PC pas-pasan. Tapi tidak ada salahnya kalau budget kamu mencukupi, tingkatkan saja komponennya agar bisa bermain dengan nyaman memakai visual grafis yang lebih mulus dan tanpa lag.

Posting Komentar untuk "5 Game PC Ringan Populer untuk Spek Kentang"