Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Pribadi yang Kreatif

 Pengertian kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide atau cara-cara baru untuk memecahkan permasalahan dan menjadikannya sebagai peluang.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kreatif dapat di definisikan sebagai sesuatu yang memiliki kemampuan untuk menciptakan, menciptakan daya cipta atau bersifat (mengandung) daya cipta.


Secara operasional kreatif didefinisikan sebagai kemampuan peserta didik  yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas), dan originalitas dalam berfikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkayam memperinci( suatu gagasan. Pada dasarnya setiap peserta didik  memiliki kreativitas, hanya saja  tidak semua semua peserta didik dapat mengembangkan kreativitasnya dengan benar. Oleh karena itu diperlukan peran guru untuk  mengembangkan kreatifitas peserta didik melalui pembelajarannya.

Untuk melihat peserta didik terkatagori sebagai pribadi kreatif atau tidak, menurut Csikszentmihalyi ada 10 (sepuluh)  ciri - ciri yang menunjukan eseseorang memiliki kepribadian kreatif yang seakan-akan paradoksal tetapi saling terpadu secara dialektis. 1. Pribadi kreatif mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka dapat bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi mereka juga bias tenang dan rileks, tergantung situasinya;  Ke dua,  cerdas dan cerdik tetapi pada saat yang sama mereka juga naf.

Mereka tampak memilliki kebijaksanaan (wisdom) tetapi kelihatan seperti anak-anak (child like). Insight mendalam nampak bersamaan dalam ketidakmatangan emosional dan mental. Mampu berfikir konvergen sekaligus divergen, yang  ke tiga berkaitan dengan kombinasi sikap bermain dan disiplin;  Ke empat Pribadi kreatif dapat berselang-seling antara imajinasi dan fantasi, namun tetap bertumpu pada realitas. Mengutip dari Krishna Andhita ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Pengertian kreatif menurut para ahli

Menurut James R. Evans, kreatif dapat di artikan sebagai skill untuk menemukan hubunganbaru, melihat subjek dari sudut pandang dari yang berbeda kemudian memgkombinasikan beberapa konsep yang mainstream di masyarakat di ubah menjadi konsep yang berbeda.
Menurut Widayatum (1999) mengartikan kreatif sebagai kemampuan untuk menyelesaikan kasus yang memberi kesempatan kepada personal untuk berkreasi untuk mendapatkan ide baru. Ide baru ini memiliki fungsi dan kegunaan secara menyeluruh untuk berkembang.
Arti kreatif menurut Asep adalah kemampuan personal untuk berpikir mencapaiproduk yang beragam baik dalam keilmuan, seni, sastra atau bidang lainnya. Produk tersebut di telah di terima dan disukai masyarakat sebagai sesuatu yang bermanfaat
Menurut Utami Munandar, pengertian kreatif adalah kemampuan umum dalam menciptakan hal yang baru. Kemampuan ini akan memberikan gagasan baru yang dapat di aplikasikan untuk memecahkan permasalahan. Selain itu kemampuan ini dapat melihat hubungan baru antara unsur-unsur yang ada sebelumnya.
Pengertian kreatif menurut Yatin Rianto adalah sesuatu yang baru bagi diri sendiri dan tidak harus hal baru bagi orang lain atau dunia pada umumnya.
Menurut Freedam (1982), pengertian kreatif adalah kemampampuan untuk memahami dunia, menginterprestasikan pengalaman dan memecahkan permasalahan dengan cara baru dan asli.

Ciri-Ciri Orang Kreatif

Setelah memahami apa itu kreatif dan bagaimana bentuk kreatif, maka berikutnya adalah melihat beberapa karakteristik orang-orang kreatif. Adapun ciri-ciri orang kreatif adalah sebagai berikut:
1. Sering Berimajinasi
Mereka yang sering berimajinasi kemungkinan besar termasuk dalam kategori orang-orang kreatif. Umumnya orang yang suka berimajinasi memiliki otak kanan yang lebih dominan dibanding otak kirinya.
Mereka sering juga disebut sebagai pemimpi yang realistis karena mampu merealisasikan imajinasi mereka menjadi nyata.
2. Menyukai Tantangan
Bagi orang-orang kreatif tantangan dan kesulitan merupakan sesuatu yang dapat memicu semangat. Umumnya mereka menghadapi tantangan dengan sikap optimis berani mengambil risiko.
Ketika mereka gagal menghadapi tantangan, hal itu dianggap sebagai pelajaran. Dan ada kepuasan tersendiri ketika mereka berhasil melalui kesulitan yang dihadapi.
3. Mudah Beradaptasi
Orang-orang kreatif merupakan individu yang dapat berpikir cepat dalam menemukan ide atau gagasan untuk mengatasi masalah. Hal tersebut membuat mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan dan suka membantu dalam penyelesaian kasus secara berkelompok.
4. Mudah Merasa Bosan
Orang-orang kreatif sering berimajinasi dan mereka selalu terbuka dengan hal-hal baru di sekitarnya. Inilah yang kemudian membuat mereka cenderung mudah bosan terhadap sesuatu dan selalu ingin mencoba hal-hal yang baru.
5. Pribadi yang Misterius
Orang kreatif mudah dipengaruhi oleh mood yang cepat berubah sehingga kepribadian mereka sulit ditebak. Sensitifitas dan rasa empati mereka tinggi, namun seringkali sikap mereka membingungkan orang lain.


Beberapa teknik untuk memacu timbulnya kreativitas menurut Nursito (1999: 34) :
 a. Aktif membaca
 b. Gemar melakukan telaah
c.Giat berapresiasif
d. Mencintai nilai seni
 e. Resprektif terhadap perkembangan
 f. Menghasilkan sejumlah karya
g. Dapat memberikan contoh dari hal-hal yang dibutuhkan orang lain.

 14 2. Ciri-Ciri Kreativitas Menurut Pedoman Diagnostik Potensi Peserta Didik (Depdiknas 2004: 19) dalam Nurhayati (2011: 10), disebutkan ciri kreativitas antara lain :
 a. Menunjukan rasa ingin tahu yang luar biasa
 b. Menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan
c. Sering mengajukan tanggapan yang unik dan pintar
d. Berani mengambil resiko
 e. Suka mencoba
 f. Peka terhadap keindahan dan segi estetika dari lingkungan

 Menurut Conny R Semiawan (2009: 136) ciri-ciri kreativitas adalah:
1) Berani mengambil resiko
2) Memainkan peran yang positif berfikir kreatif
3) Merumuskan dan mendefinisikan masalah
 4) Tumbuh kembang mengatasi masalah
5) Toleransi terhadap masalah ganda (ambigutiy)
6) Menghargai sesama dan lingkungan sekitar
 Menurut Utami Munandar (2009: 10) ciri-ciri kreaivitas dapat dibedakan menjadi dua yaitu ciri kognitif (aptitude) dan ciri non-kognitif (non-aptitude). Ciri kognitif (aptitude) dari kreativitas terdiri dari orisinalitas, fleksibilitas, kelancaran dan elaboratif. Sedangkan ciri non kognitif dari kreativitas meliputi motivasi, kepribadian, dan sikap kreatif. Krativitas baik itu yang meliputi ciri kognitif maupun non-kognitif merupakan salah satu potensi yang penting untuk dipupuk dan dikembangkan.

Contoh Perilaku Kreatif

Ada banyak sekali contoh perilaku kreatif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh perilaku kreatif adalah sebagai berikut:
1. Mengubah barang bekas yang sudah tidak dipakai menjadi sesuatu yang bisa digunakan. Misalnya, membuat pot bunga dari botol plastik bekas.
2. Mengubah barang yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai menjadi sesuatu yang baru dan bisa dipakai. Misalnya, membuat lampu hias dari Compact Disk (CD) yang sudah rusak.
3. Mengubah barang alami yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bisa digunakan. Misalnya, membuat tas unik dari bahan daun-daun kering.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Pribadi yang Kreatif"