Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa SD/MI

 Mengutip dari Rajainggris.com.com kita semua tahu bahwa bahasa inggris digunakan secara internasional. Artinya masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang goegrafi, agama dan kultur telah memiliki suatu media yang disepakati untuk berkomunikasi satu sama lainnya, yaitu Bahasa Inggris. Sehingga jika ingin berwawasan dan berpengetahuan luas maka bahasa inggris adalah sesuatu yang sangat penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris memberi ruang gerak yang seluas-luasnya kepada kita untuk larut menjadi bagian dari komunitas global masyarakat dunia. Bahkan pada bidang-bidang tertentu bahasa inggris mutlak sangat diperlukan. Oleh sebab itu, kita sebagai guru di sekolah dasar sudah sepatutnya mengenalkan bahasa inggris kepada siswa sejak usia dini. Dengan metode yang tepat belajar bahasa inggris akan terasa menyenangkan yang akan menambah wawasan mereka dalam bermain.


Di Indonesia, bahasa inggris telah lama diajarkan di semua sekolah menengah dan atas baik negeri maupun swasta. Sejak kelas tujuh sampai kelas dua belas, bahasa inggris menjadi mata pelajaran pokok sejajar dengan mapel bahasa Indonesia dan matematika. Oleh karena itu, pada ujian akhir nasional (UAN) SMP maupun SMA, bahasa inggris termasuk salah satunya yang diujikan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, bahasa inggris juga telah diajarkan di sekolah dasar sebagai muatan lokal. Para siswa kelas 3 sampai kelas 6 menerima pelajaran bahasa inggris selama beberapa jam pelajaran dalam seminggu. Sebagai bahasa internasional, memang sudah sepatutnya kalau Bahasa Inggris diajarkan sejak dini. bahkan dibeberapa sekolah TK, para siswanya diberi pelajaran bahasa inggris walaupun dalam tingkat pemula. Anak-anak TK di ajari menyanyi yang terkadang lirik lagunya di campur dengan bahasa inggris meskipun masih basic sekali, menghafal nama bilangan dan nama warna dalam bahasa inggris. Bahasa inggris di sekolah dasar memang merupakan muatan lokal, tetapi hal itu sangat bermanfaat untuk mereka di era globalisasi seperti ini. Kebijakan memasukkan bahasa inggris sebagai muatan lokal SD/MI merupakan langkah maju. Ketika anak lulus SD/MI masuk ke jenjang yang lebih tinggi, bahasa inggris sudah tidak asing lagi.
Pendidikan bahasa inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang disertai dengan tindakan. Dalam pendidikan sekolah dasar Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”. Topik pembicaraannya berkaitan dengan hal-hal yang berada dalam konteks situasi. Dalam hal ini siswa di ajak untuk latihan berinteraksi dengan pasangan temannya, agar siswa SD/MI tidak kesulitan dalam melafalkan Bahasa Inggris karena pada dasarnya pembelajaran bahasa harus sering berlatih untuk diucapkan dan bisa luwes dalam pengucapannya.
Memasuki era globalisasi atau yang lebih dikenal dengan pasar bebas, menuntut setiap individu untuk mempersiapkan sumber daya yang handal, terutama dibidang IPTEK. Untuk mengetahui hal tersebut, dibutuhkan pengetahuan yang memadai dalam menghadapi tuntutan dunia global yang bersaing dengan ketat. Disini peran bahasa inggris sangat penting sekali dalam menguasai ilmu komunikasi dan berinteraksi langsung dengan dunia global.
Dengan memberikan pembelajaran Bahasa Inggris terhadap anak sekolah dasar, anak akan lebih tau tentang dunia global itu seperti apa, dengan satu bahasa yaitu bahasa Inggris, anak bisa berkeliling dunia, karena bahasa inggris telah digunakan diberbagai negara meskipun sebagai bahasa kedua setelah bahasa resmi dimasing-masing negara. Pembelajaran bahasa inggris mungkin manfaatnya belum bisa begitu terlihat ketika si anak masih berada di sekolah dasar, tetapi itu akan sangat bermanfaat sekali untuk masa depan si anak, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang seterusnya, karena si anak sudah mendapatkan bekal di sekolah dasarnya. Bagi kita seorang guru harus mampu mengajarkan bahasa inggris yang benar dan tepat dan tentunya menyenangkan.
Hal ini agar si anak benar-benar memahami apa yang telah disampaikan oleh para guru. Anak-anak SD/MI masih sangat polos sekali, mereka akan menganut dan menerima apa yang di berikan oleh gurunya. Sekali saja gurunya memberikan pengetahuan bahasa inggris yang salah atau kurang benar, sampai jenjang pendidikan berikutnya pun anak akan lebih cenderung mempertahankan apa yang telah didapatkan dari gurunya di sekolah dasar itu, meskipun yang diberikan guru itu kurang tepat. Oleh karena itu, sebagi guru harus memberikan pembelajaran Bahasa Inggris yang baik dan benar kepada anak, agar anak memiliki bekal yang tepat untuk menguasai bahasa inggris dengan baik.
Bahasa Inggris merupakan suatu bahasa yang sangat penting dalam dunia internasional terutama di era globalisasi sekarang ini. Bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain diberbagai negara. Dengan menguasai bahasa inggris, orang akan bisa masuk dan mengakses dunia informasi dan teknologi. Dengan pengenalan bahasa inggris di sekolah dasar, maka siswa akan mengenal dan mengetahui Bahasa Inggris lebih awal. Sehingga, mereka akan mempunyai pengetahuan dasar yang lebih baik sebelum melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Seorang guru dapat memberikan bekal bagi siswa bahwa dengan menguasai bahasa Inggris maka bisa memberikan kesempatan yang lebih terbuka untuk mengembangkan diri guna memperoleh kesempatan yang lebih baik menghadapi persaingan lapangan kerja dan karir di masa yang akan datang. Bahasa Inggris telah menjadi suatu alat yang sangat menentukan bagi kelanjutan pendidikan, pekerjaan serta status sosial masyarakat.
Sebagai seorang guru juga harus memperhatikan metode yang digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar, agar manfaat dari pengajaran itu benar-benar didapatkan oleh si anak. Misalnya saja guru menggunakan pendekatan komunikatif, artinya yang perlu ditonjolkan adalah interaksi dan komunikasi bahasa, bukan pengetahuan tentang bahasa. Belajar bahasa lebih efektif jika diajarkan secara alamiah, artinya dilakukan melalui komunikasi langsung dalam Bahasa Inggris yang sedang dipelajari. Kebutuhan utama siswa sekolah dasar dalam belajar bahasa adalah untuk berkomunikasi, maka tujuan umum pembelajaran bahasa adalah untuk mengembangkan siswa untuk berkomunikasi agar siswa bisa lancar dalam melafalkan bahasa inggris sebagai bekal dimasa depannya untuk menghadapi dunia global seperti saat sekarang ini. Pada intinya bahasa inggris sangat penting sekali dikenalkan kepada siswa sekolah dasar agar mereka lebih mengetahui dan memahami tentang Bahasa Inggris dan tidak merasa kesulitan ketika mendapatkan Bahasa Iggris dijenjang berikutnya, karena mereka sudah merasa tidak asing lagi dengan Bahasa Inggris.
Dalam garis besar pendidikan dasar di Indonesia, tujuan pendidikan dasar di Indonesia ialah mempersiapkan lebih awal pengetahuan dasar siswa sebelum melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Akhirnya kesimpulan utama alasan pengajaran bahasa Inggris diadakan di sekolah dasar ialah untuk memberikan pengetahuan penguasaan kosa kata yang banyak sehingga apabila siswa melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi mereka tidak akan mengalami kesulitan . oleh krena itu fokus utama dalam pengajaran bahasa Inggris ini menurut responden ialah penguasaan kosa kata. Dengan menguasai kosa kata yang banyak maka para siswa dapat dengan mudah menguasai keterampilan bahasa yang lain.

Posting Komentar untuk "Manfaat Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa SD/MI"