Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis dan Cara Memilih Mesin Cetak Sticker

Printing Label stiker sangat diperlukan untuk kebutuhan memproduksi stiker terutama dalam jumlah banyak. Dalam dunia industri stiker, keberadaan mesin ini sangatlah penting untuk meningkatkan laju produksi.

Peluang bisnis yang dimiliki stiker memang sangat menarik. Hanya dengan modal sedikit, Anda selaku pengusaha dapat meraup untung cukup banyak karena kebutuhan akan stiker di masyarakat cukup banyak.

Namun sebelum menjalankan usaha sticker, ada baiknya Anda memahami mengenai jenis sticker yang dibuat, begitu pula dengan bahan dan desain yang bisa diproduksi. Selain itu, pengadaan mesin cetak stiker juga diperlukan agar produksi bisa berjalan cepat dan lancar.

Apa Itu Mesin Cetak Sticker?

Mesin cetak stiker menawarkan kemudahan dalam mencetak stiker serta memberikan hasil cetak yang lebih bagus. Stiker akan terlihat jelas dengan warna yang tajam, karena mesin yang digunakan memang khusus untuk itu.

Selain itu, akan lebih menguntungkan jika sticker yang dibuat dapat lebih awet dan menarik. Anda pun bisa menggunakan beragam jenis bahan kertas dengan mesin ini sehingga lebih fleksibel terutama untuk keperluan usaha.

Mesin cetak yang besar ini sangat cocok untuk keperluan industri atau untuk mencetak stiker dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, mesin stiker ini biasanya identik dengan heavy duty.

Manfaat Memiliki Mesin Cetak Sticker

Keberadaan mesin cetak stiker pun dianggap sangat penting bagi usaha industri yang dimiliki. Manfaat yang bisa didapat dengan memiliki mesin cetak stiker sendiri antara lain:

    1. Dapat dengan mudah melakukan print sesuai kebutuhan kapanpun dan dimanapun. Anda tidak perlu menunggu dengan pergi ke jasa percetakan atau memesan stiker secara online. Karena dengan memiliki mesin sendiri, Anda bisa mencetak stiker dengan mudah.
    2. Membuat label stiker custom bisa lebih mudah. Dengan memiliki mesin cetak stiker sendiri, Anda bisa berkreasi dengan desain dan tidak terlalu terpaku pada contoh yang ditawarkan oleh jasa percetakan. 
    3. Mudah untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu. Meskipun desain stiker sudah difinalisasi, tak dipungkiri terkadang bisa saja ada lagi perubahan yang dilakukan setelah itu. Saat perubahan dilakukan, Anda bisa dengan cepat merubah desain stiker sebelum produksi stiker tersebut selesai, tanpa perlu melalui pihak lainnya seperti jasa percetakan.
    4. Peningkatan brand awareness. Dengan menggunakan stiker yang dapat merepresentasikan usaha Anda, maka stiker bisa menjadi media promosi yang bagus. Selain itu, stiker juga dapat mempercantik produk dan memberikan informasi mengenai produk yang dijual.
    5. Menekan biaya pengeluaran. Perusahaan yang memiliki mesin cetak sendiri tentu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan jasa percetakan untuk memproduksi stiker, dengan begitu biaya pengeluaran akan lebih murah. 

Cara Memilih Mesin Cetak Sticker Terbaik

Memilih mesin cetak memang bukan perkara yang sulit, tetapi dengan banyaknya pilihan yang ada di pasaran, Anda harus bisa memiliki pertimbangan yang matang sebelum menentukan mesin cetak stiker mana yang akan dibeli.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih mesin cetak stiker terbaik menurut Maxipro, antara lain:

1. Ukuran Kertas Stiker

Ukuran kertas stiker juga harus sesuai dengan mesin yang akan dibeli. Kertas yang terlalu besar tentu tidak bisa digunakan pada printer yang berukuran lebih kecil. Sebaliknya, jika ukuran kertas terlalu kecil dibandingkan mesin cetak, maka hasil stiker tidak akan maksimal.

2. Kualitas Hasil Stiker

Mesin dengan kapasitas jenis warna yang banyak dan fitur personalisasi desain printer, akan memberikan kualitas hasil yang profesional dan bisa menarik di mata pelanggan. Oleh karena itu, Anda juga bisa memutuskan untuk memilih jenis mesin cetak stiker berdasarkan hasil dan kualitas yang ingin didapat.

3. Tipe Mesin Cetak Sticker

Anda bisa menyesuaikan printer sticker yang akan dipilih dengan kebutuhan usaha Anda. Misal untuk pembuatan stiker sudah bisa dipenuhi dengan printer stiker, maka pilih printer stiker. 

Printer stiker terbagi menjadi 3 tipe, yaitu:

    • Digital merupakan tipe printer yang menghasilkan stiker dengan kualitas tinggi dan high resolution. Hal ini membuat harga printer stiker menjadi cukup mahal.
    • Thermal adalah tipe printer stiker yang paling murah sehingga hasil stikernya bisa dikatakan cukup bagus meski bukan yang terbaik.
    • Inkjet ialah printer stiker yang dianggap sebagai penghasil stiker berkualitas tinggi.

4. Ukuran Mesin Cetak Stiker

Pemilihan ukuran mesin cetak juga sangat berpengaruh. Jika ruangan yang dimiliki cukup sempit, maka lebih baik memilih mesin yang ukurannya tak terlalu besar. Begitu pula sebaliknya, jika ruangan Anda besar dan keperluan produksi cukup banyak maka ada baiknya memilih mesin cetak industri yang memiliki ukuran besar pula.

5. Mode Mesin Cetak Stiker

Mode yang dimiliki oleh mesin cetak stiker terbagi menjadi 2 yakni manual dan otomatis. Selain itu, ada mesin yang menggunakan kabel dan tidak atau wireless seperti printer stiker. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus pula dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

6. Mode Auto Cutter

Adanya fitur auto cutter pada beberapa mesin cetak stiker membuat Anda bisa memotong dengan mudah dan presisi tanpa merusak bagian tak terpakai lainnya dari kertas stiker saat proses cetak berlangsung.

7. Harga Mesin Cetak Stiker

Harga dari mesin juga berhubungan anggaran perusahaan. Pastikan harga tersebut masih bisa dibebankan pada perusahaan dan tidak membebani. Selain itu, perhatikan pula apa harganya sudah sepadan dengan kualitas yang dimiliki oleh mesin tersebut.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis dan Cara Memilih Mesin Cetak Sticker"