Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi dan Penemuan Charles Goodyear - Penemu Ban Karet Vulkanisasi

 Biografi - charles goodyear penemu, charles goodyear berjasa dalam penemuan roda karena, biografi charles goodyear, tempat lahir charles goodyear, mengapa temuan goodyear dijuluki sebagai karet tahan api, charles goodyear penemu brainly, penemu ban mobil, biography of charles goodyear

Biografi dan Penemuan Charles Goodyear - Penemu Ban Karet Vulkanisasi

Charles Goodyear adalah seorang pengusaha berkebangsaan Amerika Serikat yang menemukan cara vulkanisasi karet sebagai cikal bakal ban karet pada tahun 1839. Selain itu Goodyear pun berhasil menemukan karet tahan cuaca.


Biografi

Charles Goodyear lahir di New Haven, Connecticut pada 29 Desember 1800 dari pasangan Ayah : Amasa Goodyear dan Ibu : Cynthia Bateman Goodyear. Pada mulanya Charles Goodyear adalah seorang mantan pedagang yang bangkrut dan sempat dipenjara akibat terlilit utang. Charles Goodyear tertarik menggeluti dunia karet saat  dunia sedang mengalami demam kareat pada tahun 1830.

Bahan karet memang bagus tetapi bahan tersebut berbau busuk yang sangit, mengeras saat dingin dan terlalu lengket ketika hangat dan nampak tidak bisa dipergunakan untuk tujuan-tujuan praktis. Charles Goodyear mendirikan perusahaannya dan berusaha keras untuk menjadikannya bahan berguna. Sebelumnya selama tujuh tahun, ia mencoba mengolah bahan karet dengan magnesium oksida, tepung perunggu, asam nitrat dan kapur perekat, namun tetap tanpa hasil.


Penemuan Karet Vulkanisir

Penemuan karet vulkanisir atau ban karet terjadi tanpa sengaja oleh Charles Goodyear pada tahun 1839. Ketika Goodyear membersihkan kedua tangannya dari lumuran bubuk yang terdiri atas campuran karet dan belerang. Bubuk itu terjatuh dan masuk ke dalam sebuah tungku di atas api. Ketika karet meleleh, ternyata bereaksi dengan bahan belerangnya dan menemukan bahwa bahan itu berubah memiliki karakter bagai kulit yang elastis. Inilah pertama kali karet vulkanisir atau ban karet tercipta. Pada tahun 1844, Goodyear memperoleh hak paten atas penemuannya ini.

Selain karet vulkanisir Goodyear pun berhasil menemukan karet tahan cuaca. Kemudian ia pun terobsesi untuk membuat beragam barang dari bahan material buatannya dan mematenkan ciptaanya itu. Niat langkah Goodyear mempatenkan temuannya itu didahului oleh pionir karet asal Inggris bernama Thomas Hancock yang ironisnya metode vulkanisir yang digunakanya diinspirasi dari contoh karet tahan cuaca ciptaan Goodyear. Ia pun mencoba melawan lewat jalur hukum, tapi akhirnya kalah dan kemudian kehilangan paten Prancis miliknya, dan tak hanya itu, royaltinya pun dibatalkan.

Pada tahun 1898 Frank Seiberling mendirikan Goodyear Tire and Rubber Company dan menjadi produsen ban dan karet ketiga terbesar di dunia setelah Michelin dan Bridgestone. Perusahaan yang bermarkas di Ohio, Amerika Serikat ini memproduksi ban untuk mobil, pesawat terbang, dan mesin berat. Walaupun tidak memiliki hubungan, nama perusahaan ini diambil sebagai penghargaan terhadap Charles Goodyear yang menciptakan vulkanisasi karet pada tahun 1839.

Pada Agustus 1824, Goodyear menikahi Clarissa Beecher dan mereka dikaruniai 7 orang anak, mereka adalah Ellen M.P. Goodyear (putri), Cynthia Goodyear (putri), Charles Goodyear, Jr. (putra), Amelia P. Goodyear (putri), Ann Goodyear (putri), dan William Henry Goodyear (putra).


Kematian

Charles Goodyear meninggal di New York pada tanggal 1 Juli 1860 saat bepergian untuk melihat putrinya yang sedang sekarat. Setelah tiba di New York, dia mendapat kabar bahwa putrinya sudah meninggal. Goodyear yang shock mendengar berita ini lalu pingsan dan dibawa ke Fifth Avenue Hotel, New York City. Tak lama kemudian dia meninggal dunia. Charles Goodyear dimakamkan di Grove Street Cemetery, New Haven.

Charles Goodyear meninggal dengan meninggalkan hutang sebesar USD 200.000. Namun akhirnya pengorbanan dan kerja keras Goodyear tidak sia-sia, karena keluarganya bisa menikmati itu semua melalui akumulasi royalti temuanya itu, dan yang lebih berarti lagi, namanya telah terpatri sebagai perintis industri karet modern dunia. Pada tanggal 8 Februari 1976, Goodyear menjadi salah satu diantara enam orang yang dipilih dalam National Inventors Hall of Fame. Nama Goodyear juga diabadikan sebagai nama sebuah sekolah dasar di Woburn, Massachusetts.

Posting Komentar untuk "Biografi dan Penemuan Charles Goodyear - Penemu Ban Karet Vulkanisasi"