Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Qurban dan Aqiqah

Assalamu’alaikum semuanya, kali kini Aqiqah Berkah akan mengulas mengenai manfaat Qurban dan Aqiqah. Apa sih manfaat aqiqah dan qurban itu? mari kita bahas dan simak bersama.

Manfaat Qurban dan Aqiqah


Imam Ibnul Qayyim berkata, “di antara manfaat aqiqah adalah sebagai berikut ini:

  1. Aqiqah dikategorikan sebagai salah satu bentuk ritual qurban yang dikerjakan untuk mendekatkan diri si bayi kepada Allah swt. Pada kelahirannya di dunia ini.Si anak dapat mendapatkan manfaat yang banyak dari aqiqah yang dikerjakan untuknya, seperti halnya ia juga mendapatkan banyak manfaat dari do’a yang diucapkan untuknya, membawanya ketempat-tempat manasik haji dan berihram untuknya. Si bayi mendapatkan banyak sekali manfaat dari hal-hal tersebut.
  2. Karena si anak tergadainya dengan aqiqahnya, maka selama aqiqahnya belum dilaksanakan, maka si anak masih tetap tergadaikan.Untuk membebaskan si anak dari gadaian, maka aqiqahnya harus dilaksanakan. Ibnul Qayyim berkata, “Maksudnya, selama aqiqah si anak belum dilaksanakan, maka orang tua tidak bisa mendapatkan syafaat dari anaknya.
  3. Aqiqah adalah sebuah fidyah atau tebusan bagi si anak, seperti halnya Allah swt menebus Ismail adz-Dzabiih dengan seekor gibas.Rasulullah SAW menjelaskan bahwa hewan aqiqoh yang disembelih untuk si anak seharusnya hal itu dilakukan sebagai ibadah (nusuk), seperti qurban dan al-Hadyu.

    Beliau bersabda. “Barang siapa di antara kalian yang ingin menyembelih kambing untuk anak yang dilahirkan, maka lakukanlah.”

Rasulullah SAW menjadikan ritual aqiqah seperti ritual qurban yang dijadikan oleh Allah SWT sebagai sebuah ritual sekaligus tebusan bagi ismail a.s serta sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada-Nya.

Dan jika dilihat dari sisi hikmah Allah SWT yang terapat di dalam syariat dan kekuasaan-Nya, maka kita bisa menemukan faedah lain dari di syariatkannya aqiqah, yaitu bisa menjadi sebab pertumbuhan si anak berjalan dengan baik dan memberikan kondisi aman dan selamat bagi diri si anak selama hidupnya dari gangguan dan bisikan setan.

Setiap bagian tubuh hewan aqiqah yang disembelih menjadi tebusan bagi setiap anggota tubuh si anak. Berdasarkan hal ini, bisa diketahui alasan kenapa ketika melaksanakan aqiqah, disunnahkan untuk mengucapkan do’a yang diucapkan ketika melaksanakan qurban. (Shahih Maqthu’)

Manfaat Qurban

Manfaat zakat dan qurban ditinjau dari aspek sosial adalah untuk memberi makan fakir dan miskin. Memberi makan dalam arti luas adalah bukan hanya memberikan makan kepada jasmani (perut), tapi termasuk juga di dalamnya memberi makan dalam rohani (akal dan basyiroh).

Makanan otak manusia bukan daging kambing, tapi makanan otak manusia adalah ilmu, ilmu secara formal bisa didapat lewat pendidikan, maka jikia qurban dikeluarkan dalam bentuk uang (misalnya) dan uang terkumpul digunakan untuk membangun sarana pendidikan, gedung pembelajaran, asrama, masjid, perpustakaan, laboratorium dan kelengkapan lain yang menunjang pendidikan, ibu berarti qurban yang kita keluarkan akan lebih abadi (pahala atau manfaatnya) bagi islam dan ummatnya.

Dengan pendidikan kita dapat menciptakan generasi islam yang berotak jernih (brilian) dan sekaligus memiliki basyiroh yang tajam. Dengan cara ini qurban menjadi lebih aktual, efektif dan efisien.

Inilah arti berkurban secara luas (arti yang sebenarnya), bukan arti yang sempit, yang hanya mengandalkan berqurban dengan menyembelih hewan saja, hanya berorientasi dalam kebutuhan jasmani (perut) saja.

Inilah paradiqma berqurban yang optimis dan berwawasan masa depan, bukan pandangan berkurban secara sempit yng hanya memikirkan kegembiraan fakir miskin di hari raya saja, tapi pandangan yang jauh ke depan memikirkan nasib ummat seratus bahkan seribu tahun yang akan datang.

Demikian itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat aqiqah dan qurban. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi anda semuanya yang membacanya.

Dan untuk anda semua yang akan melaksanakan Aqiqah untuk putra putrinya dan mencari Hewan Qurban Sapi dan Kambing, kini Banten Farm menyediakan Paket Jasa Aqiqah, Catering acara dan Pemesanan Hewan Qurban dengan harga yang terjangkau dan hewan sesuai dengan Syariat Islam, silahkan kunjungi https://www.bantenfarm.com.

Posting Komentar untuk "Manfaat Qurban dan Aqiqah"