Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal

 Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu wilayah dari Indonesia yang berada di Provinsi Jawa Timur, Banyuwangi memiliki potensi wisata alam dan budaya yang mempesona sehingga berkunjung ke Banyuwangi dapat menjadi agenda liburan bersama keluarga, kerabat dan teman. 

Banyuwangi terletak di bagian timur provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan selat Bali. Bagi wisatawan yang akan ke Pulau Bali dapat singgah di Banyuwangi dan mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi dikarenakan Banyuwangi memiliki tempat wisata yang beragam sehingga wisatawan dapat menikmati wisata lain selain yang ada di Pulau Bali. Selain itu jika kamu ingin berkunjung ke banyuwangi namun bingung transportasinya? Silahkan gunakan Travel Carter Banyuwangi saja karena akan membuat perjalananmu sangat nyaman.

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal


Wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi dapat menggunakan transportasi darat, udara dan laut. Pelabuhan Banyuwangi menjadi jalur untuk menyebrang melewati Selat Bali untuk menuju Pulau Bali dari Jawa. Masyarakat Banyuwangi yang ramah akan membuat wisatawan yang datang merasa nyaman ketika berada di Banyuwangi, selain itu akses transportasi yang mudah menuju Banyuwangi dan akses ke tempat wisata membuat wisata Banyuwangi menjadi rekomendasi yang tepat untuk mengisi liburan. Berikut ini beberapa tempat wisata berada di wilayah Banyuwangi yang bagus dan terkenal.

1. Pantai Pulau Merah
Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi (Doc:flickr)


Sebuah nama yang menarik didasarkan pada pasir yang berwarna merah di pulau merah tersebut, wisatawan yang berkunjung ke pantai pulau merah akan melihat pasir pantai dan deburan ombak yang mengagumkan. Keberadaan pulau merah menjadikan pantai pulau merah memiliki pesona pemandangan yang indah sebagai spot foto, selain itu pengunjung dapat menyeberang ke pulau merah ketika air laut surut dengan berjalan kaki. Berwisata ke pantai pulau merah dapat menjadi pilihan yang tepat bersama keluarga ataupun kerabat dikarenakan selain melihat pantai, kalian dapat melihat para peselancar yang sedang berselancar di pantai pulau merah.

2. Pantai Boom
Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal
Pantai Boom, Banyuwangi (Doc: Twipu)


Pantai Boom merupakan pantai yang terkenal dan menjadi tujuan rekreasi akhir pekan bagi para wisatawan, khususnya masyarakat Banyuwangi. Hal ini dikarenakan letak pantai Boom yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota Banyuwangi dan pemandangan yang dimiliki oleh Pantai Boom sangat mempesona. Pemandang matahari terbit di Pantai Boom sangat mempesona yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Pantai Boom, pengunjung pantai Boom juga dapat melihat pulau Bali dari kejauhan yang sangat indah. 

3. Taman Nasional Baluran
Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal
Taman Nasional, Banyuwangi (Doc:desifitrii)


Taman Nasional Baluran merupakan sabana terbesar di Pulau Jawa dengan luas mencapai 25.000 hektar yang memiliki dijuluki sebagai Little Africa. Wisatawan yang berada di Taman Blauran dapat merasakan berada di alam terbuka dengan keberadaan satwa liar sebagai penghuninya. Keberadaan hutan hijau yang lebat dan dipenuhi oleh pepohonan rindang, keberadan Padang Savana Bekol yang membentang luas dengan pemandangan Gunung Baluran di belakangnya, Pantai Bama dengan air laut kebiruan dengan keindahan biota bawah laut sangat cocok untuk aktivitas snorkeling dan Hutan Mangrove serta Hutan Payau yang tersebar di utara, timur dan tenggara objek wisata Banyuwangi ini membuat Taman Nasional Baluran memiliki pemandangan yang indah dan memukau.

Taman Nasional Baluran merupakan habitat dari beragam jenis hewan dan tumbuhan diantaranya; banteng jawa, rusa, kerbau, ular, burung merak, monyet ekor panjang dan satwa lainnya. Selain itu, Pengunjung Taman Nasional Baluran dapat melihat keindahan matahari yang terbit dan tenggelam yang indah di Taman Baluran dikarenakan Taman Blauran merupakan salah satu spot matahari terbit terbaik di Banyuwangi. Bagi Wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit dapat menginap dengan berkemah di camping ground yang telah disediakan pihak pengelola. 


4. Kawah Ijen
Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal
Kawah Ijen, Banyuwangi (Doc: Pixabay)
Siapa yang tak tahu Kawah Ijen ?, Pesona Kawah Ijen dengan keberadaan api biru yang mengagumkan di dunia. Kawah Ijen merupakan salah satu kawah danau terbesar di pulau jawa yang secara administratif terletak di 3 wilayah kabupaten di Jawa Timur yaitu; Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi. Kawah Ijen ditetapkan sebagai kawasan cagar biosfer oleh UNESCO pada 2016 yang membuat Kawah Ijen semakin populer di kalangan wisatawan. Kawah Ijen menjadi bagian dari area Taman Wisata Ijen yang memiliki luas 2.560 hektar.

Fenomena alam berupa api biru atau blue fire yang menakjubkan di Kawah Ijen tentu menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung, fenomena api biru (blue fire) tersebut biasanya muncul saat pagi hari pada pukul 05:00 di kawasan penambangan sulfur. Setelah melihat api biru, kalian dapat melihat pemandangan alam yang indah dari kawah ijen seperti pemandangan alam berupa gunung raung yang terlihat indah ketika dilihat di kawah ijen serta melihat aktivitas aktivitas penambang belerang di kawah ijen. 

5. Desa Wisata Osing Kemiren
Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal
Desa Wisata Osing Kemiren, Banyuwangi (Doc: Pinterest)

Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, namun juga kearifan lokal dan corak budayanya yang masih dipertahankan. Apabila ingin mengenal kebudayaan tradisional khas Banyuwangi, kalian dapat berkunjung ke sebuah desa wisata bernama Osing Kemiren. Masyarakat Osing di Desa Kemiren menjalankan dan mempertahankan serta memegang teguh tradisi yang telah diturunkan secara turun-menurun. Wisatawan dapat melihat dari aktivitas bercocok tanam yang dilakukan masyarakat serta kegiatan tradisi yang dilakukan secara turun temurun seperti; acara selamatan untuk memohon kebaikan ketika akan menanam benih hingga proses memanen dilakukan.

Para petani akan menggunakan ani-ani yang diiringi dengan suara alunan alat musik angklung dan gendang, wisata juga dapat melihat tradisi gedhongan, yaitu; tradisi memukul lesung dan alu untuk menumbuk padi sehingga menimbulkan suatu ritme bunyi yang indah saling bertautan ketika didengarkan oleh telinga. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat secara langsung aktivitas kehidupan dan kegiatan sehari-hari masyarakat Osing di bangunan rumah tradisional yang terdapat di objek wisata Banyuwangi ini. Menikmati seni dan budaya tradisional di desa kemiren, kalian akan disambut dengan pagelaran Barong Osing yang dimainkan oleh dua orang. 


Wisatawan juga dapat melihat Angklung Paglak yang dimainkan di atas gubuk kecil dari bambu beratapkan ijuk serta penampilan Tari Gandrung khas Banyuwangi yang ditampilkan sebagai usaha dari untuk melestarikan seni budaya khas Jawa Timur. Masyarakat di desa osing kemiren selain mempertahankan budaya juga dikenal sebagai pengolah dan penghasil kopi yang nikmat bernama Kopi Osing. 

Di kawasan wisata Banyuwangi ini, wisatawan yang datang dapat melihat secara langsung proses pengolahan kopi dimulai dari proses menyangrai, menumbuk kopi menjadi bubuk hingga sampai menyajikan kopi untuk disajikan. Setiap tahun di desa wisata osing kemiren diadakan festival ngopi sepuluh ewu yang didatangi oleh berbagai kalangan penikmati kopi dan wisatawan yang ingin berpartisipasi menikmati 10.000 cangkir kopi yang disediakan di depan rumah warga desa osing kemiren.

Diatas merupakan beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang bagus dan terkenal. Apabila kita memiliki waktu dan biaya maka berkunjung dan berwisata ke Banyuwangi menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan, menikmati tempat wisata yang indah dan memukau akan membuat pikiran kembali segar setelah menjalani rutinitas yang padat. 

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Bagus dan Terkenal"