Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata di Jogja Terbaru Paling Hits dan Rekomended

Cari tempat wisata di Jogja terpopuler yang nantinya ingin dikunjungi saat liburan ke Yogyakarta? Anda wajib mencatat beragam pilihan destinasi wisata Jogja menarik berikut agar liburan Anda semakin seru. Butuh psikolog area jogja? psikolog jogja.

Beberapa tempat wisata Yogyakarta yang popular seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Jalan Malioboro, dan Puri Taman Sari. Namun, selain itu masih banyak destinasi lainnya yang sangat recommended untuk dikunjungi bersama keluarga menghabiskan liburan dan akhir pekan. Apa aja ya?

Berikut daftar tempat wisata di Jogja terbaru dan paling popular yang sepertinya wajib untuk Anda kunjungi.

1. Geblek Menoreh View

Geblek Manoreh View merupakan wisata alam Yogyakarta yang terletak di daerah Kulon Progo dengan nuansa panorama sawah yang indah. Karena lokasinya tak jauh dari pusat kota, sehingga akses jalan menuju tempat ini juga terbilang mudah.

Selain menyajikan pesona alam yang menawan, ada banyak aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan. Salah satunya, gowes atau bersepeda menuju arah perbukitan dengan tarif sewa hanya sekitar Rp15 ribu dan free air minum.

Hal lain yang tidak boleh ketinggalan adalah menikmati menu bervariasi yang murah meriah di angkringan Geblek Manoreh hanya berkisar Rp1.000-Rp8.000. Wisata Geblek Menoreh View dapat Anda kunjungi mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WIB setiap hari.

2. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan salah satu kawasan dari tiga jalan ternama di Kota Yogyakarta. Di sepanjang jalan ini ada banyak pedagang kaki lima maupun toko-toko yang menjual pakaian, aneka kuliner, hingga produk cenderamata.

Jalan Malioboro akan semakin ramai saat hari weekend di malam hari karena banyak pemusik jalanan hingga atraksi lainnya yang menghibur wisatawan. Berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk menikmati es dawet yang menyegarkan dahaga.

Jika merasa lelah berjalan kaki, maka dapat menaiki delman untuk berkeliling Jalan Malioboro yang terdapat di sekitar area dengan harga terjangkau. Jika berkunjung ke sini, tak lengkap rasanya jika tidak berfoto di sekitar jalanan Malioboro.

3. Tumpeng Menoreh

Yogyakarta juga memiliki sebuah tempat wisata kuliner yang buka penuh selama 24 jam di setiap harinya di Kawasan Bukit Menoreh. Wisata kuliner Tumpeng Menoreh ini memiliki pemandangan alam yang begitu indah dengan udara sejuk jauh dari perkotaan.

Tempat wisata berbentuk heksagon ini didirikan oleh vokalis band Endang Soekamti dan diberi nama “Tumpeng” sebagai filosofi dari doa-doa. Jika Anda mengunjunginya saat cuaca cerah, maka dapat berkesempatan melihat pemandangan Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, hingga Candi Borobudur.

Tempat instagramable di Kulon Progo ini untuk HTM-nya Rp50 ribuan dan sudah termasuk voucher makan dan minum. Fasilitas yang disediakan seperti area parker yang luas, toilet, mushola, kursi tinggi, warung makan, dan lainnya.

4. Obelix Hills

Apabila sedang mencari tempat wisata di Jogja dengan suhu dingin, maka cobalah kunjungi Obelix Hills berlokasi di Dusun Klumprit, Sleman. Objek wisata yang tak jauh dari Tebing Breksi ini fasilitas yang disediakan sangat nyaman.

Bahkan, di sini ada sekitar 30 spot foto yang instagramable, area bermain anak-anak, tempat nongkrong, hingga kuliner khas Jogja. Salah satu lokasi selfie yang paling diminati kaum muda-mudi adalah The Edge dan Sky Deck yang berlokasi di tepi jurang.

Untuk dapat menikmati tempat wisata ini, setidaknya Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribuan untuk hari biasa. Sementara itu, untuk weekend dan musim liburan harganya Rp20 ribuan dengan ketentuan jam buka pukul 10.00-22.00 WIB.

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di dunia yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia UNESCO. Situs peninggalan Buddha ini terletak di Kabupaten Magelang atau 40 km dari pusat kota Yogyakarta dengan bentuk menyerupai bunga teratai.

Tempat ini dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB ini tiket masuknya hanya Rp40 ribu untuk pengunjung dewasa dan Rp20 ribu untuk anak-anak. Fasilitas penunjangnya sudah mencakup toko cenderamata, rumah makan, guide, dan lainnya.

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah menikmati relief-relief spiritual yang menggambarkan tiga tingkatan, yakni Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Di candi ini, Anda juga bisa mengunjungi Museum Karmawibangga menggunakan kereta kelinci.

6. Candi Prambanan

Candi di Yogyakarta yang tak kalah terkenalnya adalah Candi Prambanan yang mempunyai relief bertemakan Ramayana dan Krishnayana. Kompleks candi ini buka setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB dengan tarif Rp12 ribu untuk anak-anak dan Rp30 ribu untuk dewasa.

Candi ini terletak di kabupaten Sleman, Yogyakarta dan terkadang masih dibuka hingga malam hari saat digelar pertunjukan sendratari Ramayana. Bagi pengunjung yang ingin menikmatinya, pertunjukan ini biasanya digelar saat malam purnama sekitar pukul 20.00-22.00 WIB.

7. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau lebih dikenal sebagai situs Ratu Boko merupakan peninggalan Buddha yang terletak di Gatak, Bokoharjo, Sleman. Situs ini memiliki 2 jenis gerbang, yakni gerbang luar dengan ukuran kecil dan gerbang utama keraton yang tersusun atas gapura paduraksa.

Di kompleks candi ini Anda juga bisa melihat candi pembakaran yang terbuat dari batu andesit. Terdapat pula sumur suci dengan kedalaman mencapai 2 meter saat musim kemarau yang sering digunakan saat upacara keagamaan.

Harga tiket Candi Ratu Boko juga bisa dibilang murah hanya Rp30-Rp40 ribu saja. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan maupun berswafoto di bangku kursi cantik yang telah disediakan oleh pengelola.

8. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan salah satu wisata Jogja terbaru yang sangat mempesona karena tebaingnya diukir menyerupai ular. Biasanya, para wisatawan suka berswafoto di tumpukan anak tangga dengan patung naga atau di tlatar pertunjukan.

Tebing yang terletak di Dusun Groyokan, Sleman, Yogyakarta ini dulunya merupakan lokasi tambang breksi warga sekitar. Tempat wisata ini hanya dibuka mulai pukul 05.00-18.00 WIB saja dengan tiket masuk Rp0 rupiah atau tidak dipungut biaya sepeser pun.

Waktu yang cocok berkunjung ke sini adalah saat pagi-pagi sekali (sunrise) atau saat sore hari sambil menikmati sunset. Sebab, jika berkunjung saat siang hari akan terasa panas karena tebing ini berada di area terbuka tanpa pohon rindang di sekitarnya.

9. De Mangol

Wisata alam lainnya di Jogjakarta yang memiliki panorama alam indah adalah wisata De Mangol yang cukup terjangkau. Hanya dengan membayar tiket Rp20 ribuan saja dan parker Rp5 ribu, Anda sudah bisa menikmati pemandangan kota dari atas Bukit Patuk.

De Mangol sangat populer dengan sajian kulinernya berkonsep modern dan wahana atraktif seperti teras kaca, foto di mural, serta neon nights. Terdapat pula spot foto di bean bag area dan triangle spot, dimana saat malam hari selalu dihiasi lampu warna-warni.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap yang menawarkan mushola, toilet bersih, hingga gazebo lapang untuk berteduh. Lokasi De Mangol dekat dengan Alun-Alun Wonosari, tepatnya di Jalan Raya Patuk Ngoro, Gunung Kidul, Yogyakarta.

10. Desa Wisata Kaki Langit

Kota Yogyakarta juga memiliki desa wisata yang cukup tersohor akan berbagai kuliner tradisional hingga sajian budayanya, yakni Desa Wisata Kaki Langit. Makanan kuliner yang bisa Anda cicipi seperti getuk tiwul, kicak, sayur jambu mete, sayur bobor, cemplon, gudeg manggar, dan masih banyak lainnya.

Warga sekitar biasanya akan mengajak wisatawan untuk berpartisipasi dalam pertunjukan kesenian daerah. Seperti Cokean, Tarian Gambyong, Gejog Lesung, dan lain-lain. Untuk tarif masuknya, pengelola wisata hanya mematok tarif parkir sebesar Rp5 ribuan saja dan selalu buka 24 jam.

Karena tradisi Jawanya masih berasa kental, Anda bisa mengabadikan spot foto menarik dengan bauran pakaian dan suasana alam pedesaan tempo dulu. Anda juga bisa berburu oleh-oleh cenderamata seperti aneka kriya, edukasi rumah limas, figura, dan lainnya.

11. Taman Sari Jogja

Meskipun menampilkan bangunan arsitektur terlihat kuno, Taman Sari Jogja termasuk tempat wisata di Jogja untuk keluarga tak pernah lekang oleh waktu. Taman ini dulunya dibangun sebagai penghargaan kepada istri para sultan yang telah bersedia membantu selama perang.

Nah, di taman ini tiket masuk yang dibebankan sebesar Rp13 ribuan per orang dan hanya bisa dikunjungi setiap pukul 08.00-14.00 WIB saja, setiap harinya. Di sini Anda bisa melihat tiga kolam pemandian yang dulunya digunakan oleh para selir raja.

Selain itu, terdapat pula berbagai bangunan gapura yang berdiri kokoh dan dihiasi oleh arum wewangi bunga berwarna-warni. Berbagai fasilitas yang tersedia seperti area parkir yang luas, tour guide, toko souvenir, dan warung makanan.

12. HeHa Ocean View

Destinasi wisata ini sangat dekat dengan Taman Watu Café&Resto yang tak pernah sepi pengunjung dengan jam buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Dimana untuk menikmati pemandangannya Anda perlu membayar tiket sebesar Rp15 ribuan Senin-Jumat dan Rp20 ribuan khusus Sabtu dan Minggu.

Namun, jika Anda ingin berfoto di spot tertentu, maka harus menyiapkan dana lebih karena dikenakan tarif tambahan berkisar Rp10-Rp30 ribuan. Spot-spot tersebut seperti pada Pink Horizon, Rainbow Flower, Trinity Glass, Santorini, HeHa Air Baloon, Waterfall, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat pula fasilitas lainnya yang bisa dinikmati secara gratis, seperti foto dengan background pemandangan pantai dan foto di atas tebing. Ketika malam hari, tebing di perbukitan hijau ini justru semakin bagus dengan hiasan lampu-lampu yang terang.

13. HeHa Sky View

Sedang mencari tempat nongkrong nyaman dan banyak spot foto ciamik di Jogjakarta? Nah, café dan restoran Heha Sky View yang terletak di puncak ketinggian Kabupaten Gunung Kidul ini sangat direkomendasikan.

Dengan konsepnya yang modern, wisata Jogja terhits ini diketahui memiliki jam operasional tanpa libur. Setiap pukul 10.00-21.00 WIB (senin-jumat) dan pukul 08.00-21.00 WIB (weekend) tarif berkisar Rp20 ribuan tergantung datang saat jam pagi atau malam.

Di sini Anda bisa menikmati pemandangan dari teras memanjang mirip jalan layang atau berkumpul di area la carte dan buffet. Jika merasa lapar, cukup kunjungi food court yang berada di lantai bawah dengan beragam menu food stalls yang enak.

14. Puncak Becici

Tersembunyi di balik deretan hutan pinus mekusi yang menjulang tinggi di tempat wisata Puncak Becici termasuk destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Bukit dengan ketinggian mencapai 380 MDPL ini suasananya sangat sejuk dan begitu indah, terutama saat senja datang.

Anda bisa melihat panorama bentang lautan dengan bintang-bintang bertebaran, ditambah siluet seperti Gunung Sindoro dan Gunung Merapi. Untuk memasuki puncak bukit ini, harga tiket yang harus dibayarkan berkisar Rp2-Rp10 ribu tergantung jenis aktivitas yang dipilih.

Salah satu spot foto favorit pengunjung di Bukit Becici adalah gardu pandang dengan latar belakang pemandangan sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di bawah rindangnya hammock dan ayunan dengan jam operasional hanya pukul 05.00-19.00 WIB.

15. Keraton Yogyakarta


Yogyakarta juga memiliki tempat wisata budaya bersejarah yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya, yakni Keraton Yogyakarta. Di kompleks keraton ini terdapat museum yang menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah dan barang antic peninggalan raja Eropa.

Area keraton ini dilengkapi dengan lapangan dan paviliun istana yang cukup luas dengan tujug balairung megah. Selain itu, terdapat pula kompleks pagelaran untuk menyelenggarakan event wisata, kompleks Sri Manganti untuk melihat berbagai alat musik gamelan, dan lainnya.

Lokasi Keraton Yogyakarta tepatnya di Jalan Rotowijayan Blok 1, Kota Yogyakarta. Para wisatawan dapat mengunjungi obyek wisata ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp8 ribuan dengan jam buka terbatas pukul 08.00-14.00 WIB saja.

16. Benteng Vredeburg

Wisata Jogja dekat Malioboro yang harus dikunjungi yaitu Benteng Vredeburg, sebuah benteng bernuansa arsitektur bangunan klasik cocok untuk berburu foto instagramable. Benteng dengan empat menara ini awalnya didirikan oleh pasukan Belanda sebagai pertahanan.

Di benteng ini, tak lupa dihadirkan berbagai koleksi foto dan benda-benda bersejarah yang bernilai edukatif tinggi. Benteng yang dilengkapi fasilitas modern ini menawarkan area WiFi gratis, ruang belajar, perpustakaan, tour guide, hingga ruang untuk seminar.

Untuk memasuki Benteng Vredeburg harganya juga amat terjangkau kok, tidak lebih dari Rp5 ribu rupiah. Benteng yang berlokasi di Jalan Margo Mulyo, Yogyakarta ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 07.30-16.00 WIB.

17. Goa Pindul


Wisata alam Goa Pindul merupakan obyek wisata yang ikonik di Gunung Kidul, Yogyakarta dengan jam operasional setiap pukul 06.30-17.00 WIB. Di sini Anda bisa mencoba wahana menyusuri goa menggunakan ban pelampung dengan panjang sekitar 350 meter.

Saat menyusuri aliran sungai yang sempit, wisatawan harus bersabar dan antre satu per satu, sehingga akan memakan waktu setidaknya selama satu jam. Fasilitas pendukung yang tersedia diantaranya rumah makan, area parkir, hingga penginapan.

Untuk menikmati liburan di Goa Pindul, Anda harus menyiapkan budget minimal sebesar Rp45 ribu rupiah per orang. Namun, harga tiket ini belum termasuk fasilitas rafting seperti, baju dan ban pelampung ya, sehingga perlu menyewanya beserta pemandu wisata.

18. Bukit Bintang

Wisata Jogja malam hari yang bisa dijadikan pilihan adalah Bukit Bintang yang menawarkan kilauan lampu penuh pesona dari atas bukit. Nah, saat sore hari Anda juga bisa menikmati siluet Gunung Merapi sambil minum teh.

Untuk menghabiskan malam di Bukit Bintang, wisatawan tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis dan tidak dibatasi waktu selalu buka 24 jam. Lokasi ini adalah tempat berkumpulnya para anak muda sambil bercengkerama menikmati hidangan roti bakar atau jagung bakar.

Spot lainnya yang ada di sini yaitu kursi beton panjang dan gardu padang untuk berfoto ria. Di bukit ini, pengunjung juga dapat menikmati sajian wedang berkelas dengan harga yang terjangkau.

19. Taman Watu Café & Resto

Destinasi wisata Taman Watu Café & Resto ini berlokasi di Kelurahan Girikarto, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengukir kenangan indah menyaksikan panorama pantai dan sunset menawan dari atas ketinggian.

Banyak orang mengabadikan momen indah di sini, seperti melamar pasangannya atau hanya sekadar berkumpul bersama teman dan keluarga. Tempat wisata dengan jam operasional pukul 09.00-19.00 WIB ini memiliki banyak menu laut lezat mulai dari kerang, lobster, hingga ikan kakap.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke sini, cukup membayar Rp5 ribuan sudah dapat mengakses pantai sekaligus Taman Watu. Namun, jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tambahan biaya parkir Rp5 ribu untuk mobil dan Rp3 ribu untuk motor.

20. Puncak Sosok

Tempat wisata di Jogja terbaru lainnya adalah Puncak Sosok yang berlokasi di Bawuran, Bantul, Yogyakarta. Tempat yang sangat ramai pengunjung terutama saat malam hari ini menampilkan bermacam hiburan, seperti live music akustik dan kuliner gudeg Jogja.

Di puncak perbukitan ini Anda dapat menikmati menu makanan sambil bercengkerama dengan keluarga, sebari menikmati keindahan alam Yogya. Menu andalan yang tersedia di sini adalah tempe mendoan dan wedang uwuh yang pasti nikmat untuk disantap.

Rute yang harus Anda lewati menuju tempat wisata ini jalannya memang cukup sulit dan menantang, sehingga disarankan menggunakan kendaraan bermotor saja. Tidak ada tarif masuk yang dibebankan, tetapi pengunjung diminta memberikan kontribusi seiklasnya.

Bagi kamu yang ingin berkunjung tanpa ribet, dapat melakukan sewa hiace jogja.

Posting Komentar untuk "Tempat Wisata di Jogja Terbaru Paling Hits dan Rekomended"